Google

Accounting - Journalism - Logistics - Research Development - Secretarial - Education - Manufacturing - Sales - Advertising - Energy - Marketing PR - Safety Control - Architectural - Engineering - Communications - Social Services - Automotive - Food Beverage - Medical Services - Fresh Graduate - Banking - General Management - Merchandising - Telecommunications - Building Construction - Health Beauty Care - Mining - Top Executives - Business Development - Hospitality - Printing Publishing - Tourism - Secretary - HR - Procurement - Trading - Counseling - Information Technology - Property - Transportation - Design - Insurance - Quality Assurance

Thursday, April 26, 2007

CPNS 2007: Daerah Siapkan Formasi CPNS

Daerah Siapkan Formasi CPNS 2007
Bone Usulkan 300 CPNS Umum, 700 Honorer; Tenaga Honorer di Gowa Tinggal 690, Kebutuhan Umum Sekitar 2.000 Orang; Makassar, Maros, Palopo, dan Parepare Tunggu Petunjuk Pemerintah Pusat

Makassar, Tribun -- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bone dan Kabupaten Gowa mulai menyiapkan usulan kebutuhan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk seleksi tahun 2007.
Kepala BKD Bone, Andi Ikbal Amal, dan Kepala BKD Gowa, Mappagio, mengungkapkan hal tersebut secara terpisah kepada Tribun di Watampone dan Sungguminasa, Selasa (17/4).

Bone mengusulkan 1000 orang, terdiri atas 300 untuk pelamar umum dan 700 untuk honorer. Sedangkan Gowa mengusulkan sekitar 2.000 formasi.
Formasi tersebut itu akan diprioritaskan untuk penerimaan tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan tenaga administrasi.
Sementara Bagian Kepegawai Kota Makassar, BKD Parepare, Palopo, dan Kabupaten Maros, masih menunggu petunjuk pemerintah pusat.
Sikap serupa disampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel yang mengaku belum bisa menyusun formasi.
Dalam sebuah acara di Makassar, Senin (16/4), Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Prapto Hadi, mengungkapkan, formasi CPNS 2007 akan diumumkan akhir Mei mendatang sedangkan seleksi dilaksanakan pada bulan Juli.

Bone
Menurut Ikbal, pihaknya mengusulkan total formasi CPNS tersebut sejak bulan Maret lalu. Usulan tersebut berdasarka kebutuhan mendesak di jajaran pemkab saat ini.
"Kami belum menerima instruksi soal jadwal pendaftaran CPNS 2007. Namun, kami sudah mengusulkan 1.000 formasi CPNS untuk honorer dan umum," katanya.
Namun, angka tersebut masih sebatas usulan sedangkan keputusan kuota tetap di tangan BKN. Dia berharap pemerintah pusat bisa mengabulkan usulan tersebut.

Gowa
Sedangkan Kepala BKD Mappagio mengatakan, pemkab. masih membutuhkan sekitar 2.600 PNS untuk mengisi tempat yang tersebar di seluruh unit kerja maupun sekolah. Kebutuhan itu sudah termasuk tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya.
Kebutuhan itu berdasarkan hasil analisa pegawai yang dilakukan pihaknya yang menyimpulkan Pemkab Gowa memerlukan sekitar 11 ribu pegawai.
Jumlah PNS yang terdaftar saat ini sebanyak 7.867 orang. Jumlah ini belum termasuk 529 CPNS 2005 yang baru saja terangkat.
"Jika jumlah pegawai ditambah dengan CPNS yang baru saja terangkat maka totalnya 8.396 orang. Jadi kita masih tetap kekurangan," katanya. .
Mengenai jumlah tenaga honorer yang tersisa, Mappagio menjelaskan bila kuota penerimaan CPNS 2006 sebanyak 555 orang terisi, maka tersisa 690 orang. Honorer ini hanya yang terdaftar di database BKN.
Rencananya, pemerintah secara nasional akan menerima 100 ribu pegawai dari pelamar umum dan 175 ribu orang dari kalangan honorer.

Tunggu Petunjuk
Sementara Kepala Bagian Kepegawaian Kota Makassar, Sittiara, mengatakan, pihaknya belum mengusulkan kuota 2007 karena pengangkatan CPNS honorer 2006 masih terbengkalai.
Padahal, pemerintah pusat sebelumnya menjanjikan mengangkat mereka per 1 Januari 2007. Dia mengaku, pengusulan kuota bukanlah hal yang sulit.
"Bagi kami, pemerintah pusat harus menuntaskan penerimaan CPNS dari honorer untuk tahun 2006 biar tidak menjadi beban. Kalau ini sudah tuntas baru kita langkah berikutnya," kata Sittiara.
Hal senada juga dikemukanan Kepala Bidang Mutasi dan Pengadaan Pegawai BKD Kota Palopo Dahri,
Kepala BKD Maros Ibrahim Dahlan, dan Kepala BKD Parepare Ramadhan Umasangaji.
Mereka masih menunggu petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan penerimaan dari pemerintah pusat.
"Saya ke pemprov untuk menanyakan kepastian penerimaan CPNS 2007 tapi mereka juga belum mendapat informasi yang jelas," kata Ramadhan. ditandatangani," tambahnya.
Namun pihaknya siap melaksanakan seleksi penerimaan kapan pun waktu yang ditentukan. Pemkot akan mengusulkan perubahan formasi karena ada pengalihan formasi sesuai dengan kebutuhan di lapangan.ang.
BKDD Parepare juga telah meminta pimpinan tiap unit kerja memasukkan usulan kebutuhan pegawai di unit kerjanya. (wd/ism/ink/rip

No comments: